PRESS RELEASE : RAIHAN PRESTASI CHEM E CAR UGM DI THE 2015 CHEMECA MELBOURNE CHEM-E-CAR COMPETITION

Yogyakarta – Kabar gembira kembali datang dari mahasiswa Teknik Mesin UGM. Kali ini mahasiswa-mahasiswa Teknik Mesin UGM yang tergabung dalam tim Chem-E-Car UGM berhasil menjadi Juara Ketiga Chem-E-Car untuk Race Competition. Lomba ini diadakan di Melbourne Convention and Exhibition Centre, Australia pada 27 September hingga 1 Oktober 2015.

The 2015 Chemeca Melbourne Chem-E-Car Competition merupakan lomba yang diadakan oleh Chemeca, sebuah perkumpulan engineer kimia di Australia dan New Zealand. Untuk tahun ini peserta berasal dari berbagai negara seperti Malaysia, Indonesia, Australia, New Zealand, Iran dan lain-lain.

UGM menurunkan dua tim yakni Chem-El-Ion II dan Anggada II. Mobil Chem-El-Ion II yang berhasil meraih tempat ketiga kategori race competition merupakan mobil yang memanfaatkan reaksi kimia yang menghasilkan listrik untuk menggerakkan motor. Sedangkan Anggada II menggunakan gas bertekanan yang menggerakkan pneumatik. Pemenang perlombaan ini ditentukan dari mobil yang paling mendekati dengan jarak yang ditentukan.

Raihan prestasi ini sama dengan raihan prestasi yang didapat tahun lalu yakni sebagai urutan ketiga kategori race competition. Persiapan tim Chem-E-Car UGM sendiri memakan waktu sekitar lima bulan dari mulai persiapan, riset hingga pencarian sponsor. Masih ada satu event lagi yang menjadi target juara dari tim Chem-E-Car UGM yakni event yang akan diselenggarakan di Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, April 2016 mendatang. (Propulsi KMTM 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.